Amazon Punya Tablet PC ?

Kepopuleran iPad Apple diakui memang telah menggairahkan pasar Tablet PC. Berbagai vendor mengikuti jejaknya, bahkan yang semula tak bermain di pasar Tablet PC sekalipun, seperti Amazon.

Dan sepertinya Amazon juga akan ikut terjun di persaingan Tablet PC saat ini, karena CEO Jeff Bezos mengisyaratkan bahwa perusahaannya akan ikut meluncurkan Tablet PC.

Seperti yang dikutip dari Consumer Reports, ketika ditanya mengenai kemungkinan Amazon ikut meluncurkan Tablet PC, Bezos menjawab "tunggu saja". Namun perangkat yang dimaksud olehnya lebih sebagai pelengkap untuk Kinddle, ketimbang untuk menggantikannya.


Bezos mengatakan bahwa populernya e-book di Tablet PC saat ini seperti iPad, tidak akan menggantikan Kindle yang dirancang khusus untuk e-book.


Bezos juga menyatakan bahwa Tablet PC Amazon yang mungkin diluncurkan tidak akan membunuh pangsa pasar Kindle dan perangkat Amazon lainnya.


Rumor hangat mengenai Tablet PC Amazon telah beredar sejak beberapa bulan terakhir. Kabarnya Tablet PC Amazon nantinya akan dijalankan dengan OS Android Honeycomb, sementara pembuatnya adalah Foxconn yang juga membuat Kindle.

Namun sebuah laporan yang dilansir Business Insider, menyebutkan sebuah pabrik teknologi asal Taiwan bernama Quanta diketahui telah menerima pesanan Original Equipment Manufacturer (OEM) dari Amazon untuk membuat Tablet PC. Jumlahnya tak main-main, 700 hingga 800 ribu Tablet PC per bulan untuk mulai dikapalkan pada 2011.

Informasi ini datang dari seorang narasumber internal Quanta yang menolak disebutkan namanya. Dia mengatakan, bisnis Amazon ini bisa menambah pendapatan Quanta hingga USD 3,5 miliar di 2011.

Baik Amazon dan Quanta mengkonfirmasi kemungkinan detail dan desain Tablet PC akan dibuat oleh Samsung. Quanta sebelumnya juga didapuk Research In Motion (RIM) untuk membuat PlayBook. Tablet PC yang diproduksi Quanta diklaim memiliki kualitas yang baik.

Kembali lagi, raksasa retailer online ini kabarnya segera terjun bergabung dengan produsen Tablet PC lainnya pada pertengahan tahun ini. Menarik, mengingat Amazon sebelumnya sudah menyiapkan berbagai konten digital seperti eBook, film, musik, TV dan aplikasi Android di App Store-nya. Agaknya, konten-konten ini akan dijadikan 'senjata' Tablet PC Amazon. Saat ini mereka berada di posisi terbaik untuk berkompetisi dengan Apple di ranah Tablet PC, jika bisa menggabungkan perangkat yang mumpuni dengan layar berwarna.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...